Sunday, April 26, 2020

Hiu Kecil itu ternyata Covid -19, Tahu kenapa..?, ini dia jawabanya..


APABILA alam terkembang ialah guru, sehingga di sekitar kita terdapat banyak kisah-kisah yang menginspirasi. Salah satu di antaranya ialah pelajaran bernilai yang ditemukan penangkap ikan Jepang yang kerap menangkap ikan salmon. Kisah itu menjadi kisah motivasi yang melegenda, dikisahkan turun-temurun, serta membuat spirit dan karakter bangsa Jepang agar kuat mental dan tangguh.

Di negeri sakura itu, ikan salmon akan terasa nikmatnya saat diolah dalam keadaan hidup. Sejak lama, para nelayan menangkap ikan itu di sekitar perairan Korea. Demi menjaga agar ikan itu tetap hidup saat dibawa ke daratan, para penangkap ikan lalu membawa kontainer atau kolam di kapal lalu menyimpan seluruh ikan salmon tersebut. 

Herannya, saat sampai di pelabuhan terdekat, hampir seluruh ikan salmon itu dalam keadaan mati. Para penangkap ikan lalu memutar otak. Mereka mengontak para ahli yang berusaha memecahkan misteri itu. Berbagai inovasi bermunculan. Mulai dari menyediakan makanan ikan, hingga mengatur gelembung udara di dalam kolam. Namun, seluruh inovasi itu gagal. Ikan salmon itu tetap saja mati. Suatu hari, ada satu kapal yang sukses membawa sekolam ikan salmon yang tetap hidup. Para penangkap ikan heboh, lalu berusaha menemukan penjelasannya. 

Ternyata, rahasianya ada pada seekor anak ikan hiu yang dimasukkan ke kolam itu. Ukuran hiu itu terlampau kecil sehingga tak mungkin memakan ikan salmon. Akan tetapi, keberadaan seekor hiu kecil itu menjadikan seluruh salmon ketakutan. Mereka terus bergerak untuk menghindar. Saat ikan hiu itu mendekat, seluruh salmon akan segera menjauh. Mereka berusaha menjaga jarak agar tak terlalu dekat bersama predator itu. 

Ternyata pergerakan salmon yang selalu menghindar itulah yang menjadikannya tetap hidup. Para salmon itu dalam keadaan was-was dan khawatir sehingga nalurinya untuk bertahan hidup bangkit. Apabila tak ada hiu, sehingga para salmon itu cuma diam di tempat hingga akhirnya perlahan kehadapatn oksigen dan mati. Tapi ketika hiu muncul, para salmon itu bergerak lebih aktif, berusaha kabur, sehingga mereka tetap hidup. 

===    Titipan lapak  ===
M-BIOPRO Herbal Probiotik Solusi 1001 Penyakit
M-BIOPRO Herbal Probiotik Solusi 1001 Penyakit,
==>>   ORDER KLIK DISINI
  <<==

Demikianlah salah satu pelajaran dari alam semesta Kisah ini menyimpan butir-butir pengalaman bernilai. Sebagaimana salmon itu, orang akan semakin gigih berusaha saat berhadapan bersama tantangan atau ketakukan-ketakutan kecil.

Setiap tantangan akan membuat adrenalin naik yang menjadikan seseorang akan berusaha untuk mengatasinya. Proses berusaha dan bertahan itu yang akan menjadikan seseorang tetap bertahan di tengah berbagai kondisi. Dia akan tetap hidup sebab dirinya selalu bergerak untuk mengatasi masalah Kehidupan serupa kolam berisi ikan salmon itu.

Tanpa ada tantangan, sehingga orang akan berada dalam zona nyaman, hingga tak sadar kalau berbagai masalah tersebut dapat mendera dan menenggelamkan peradaban. Tanpa tantangan, seseorang akan menjalani rutinitas sehari-hari sehingga tak sadar kalau kehidupannya begitu-begitu saja dan membosankan, sehingga pada satu titik seseorang dapat terpuruk Saya teringat tulisan sejarawan Arnold J Toynbee tentang dinamika Toynbee hendak menjelaskan tentang peradaban yang bertahan dan peradaban yang punah. Katanya, seluruh peradaban mengadapi tantangan. Cuma yang dapat menemukan cara kreatif untuk menghadapi tantangan, serta berselancar di tengah perubahan, yang akan keluar sebagai pemenang. Apabila salmon itu ialah pengibaratan dari diri kita, sehingga tak ada jalan lain.

Demi mengoptimalkan seluruh potensinya, sehingga kita pun harus terbiasa menghadapi tantangan. Kita harus berani menantang diri kita agar kelak dapat berjalan selaras bersama kehidupan, dan memaksimalkannya untuk menguatkan diri kita. Semakin banyak masalah, semakin banyak tantangan, pengalaman bertempur kita akan semakin terasah.

Apabila kemampuan mengatasi masalah itu tumbuh dan mengakar dalam diri kita, sehingga kehidupan akan selalu menantang, dan membahagiakan buat kita. Masalah akan menjadi vitamin yang semakin menyempurnakan perjalanan kita. 

Apabila salmon itu dapat tetap hidup karena bergerak menghindari masalah, kita akan jauh lebih tangguh dan jauh lebih perkasa saat melalui satu demi satu permasalahan. Dan setiap kali melalui satu masalah, kita akan tersenyum dan menjadikannya sebagai satu pelajaran bernilai yang serupa tangga telah membawa kita ke posisi lebih tinggi Seluruh masalah akan menjadi guru yang terus membesarkan diri dan karakter kita.

Covid-19

Di masa Pendemi Covid-19 ini, Covid-19 secara tidak langsung menjadikan semua orang berfikir keras dan mengubah perilakunya, bagaimana agar tetap bisa bertahan hidup dan selamat dengan keadaan seadanya, yang biasanya kerja di kantor harus kerja dirumah, yang punya anak biasanya di percayakan pendidikannya ke guru di sekolah, sekarang pendidikan diselenggarakan secara online dan membuat semua orang tua harus menjadi guru sehingga tidak jarang orang tua yang mulai membuka dan membaca buku-buku parenting lagi, yang biasanya berjualan offline sekarang harus berjualan online, sehingga memaksa orang untuk belajar internet. pun demikian juga di dunia kerja, Setiap pekerjaan dikerjakan secara online dari rumah, rapat dan pertemuan-pertemuan beralih menjadi rapat online dengan google meet, Zoom dll.

Yang sebelumnya sebagian orang kurang memperhatikan kesehatan dirinya dan keluarganya sekarang menjadi sangat perhatian, dampaknya berbagai suplemen kesehatan untuk menjaga imunitas tubuh diburu setiap orang dan dampaknya suplemen kesehatan pun menjadi barang yang paling di cari oleh setiap orang, yang jarang mandipun sekarang jadi sering mandi, minimal cuci tangan :D :D kini semua orang berusaha hidup bersih.

Bagi umat Muslim khususnya para pria, jadi sering menjadi imam sholat berjamaah bersama keluarga, bagi sebagian orang ini moment yang jarang dilakukan karena kesibukan masing-masing di tempat kerja sehingga sholat masing-masing ditempat kerja.

Yah ternyata Covid-19 telah berhasil menjadi Hiu kecil yang membuat setiap manusia berfikir solusi dari zona nyaman dan mengubah perilaku dan kebiasaanya selama ini.

Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian alam ini, dan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT.

No comments:

Post a Comment

PANEN..., Air Mata PETANI saat PANDEMI COVID 19

Seorang petani di Cipanas Cianjur jawabarat, mengurus lahan pertaniannya yang ditanami sayuran kangkung cabut, bayam, caisim, dan sawi puti...