Monday, December 24, 2018

Si Pemalu yang Lancar Story Telling

Erwin Suna - Public Speaking atau berbicara didepan umum memang suatu keterampilan yang sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang ingin naik kelas, apapun profesi anda pasti suatu saat anda dapat giliran untuk berbicara di depan umum, dan saat itulah waktu terbaik untuk tunjukan kemampuan dan promosikan diri anda. 

Apa jadinya jika kesempatan yang sangat berharga untuk promosikan diri anda dengan disaksikan banyak orang tapi ternyata anda tidak mampu tunjukan kemampuan anda dan moment yang semestinya sebagai waktu yang pas buat promosi diri ternyata justru membuat anda malu, tentu anda tidak mau kan?.

Ilustrasi Grogi Public Speaking


Nah ngomong – ngomong public speaking, di salah satu kelas Public Speaking yang saya selenggarakan tidak jarang saya temui peserta yang sebelumya merasa malu, minder, grogi saat di minta berbicara didepan umum namun setelah mengikuti training saya yang didalam ada sesi therapy buka simpul malu membuat rasa malu, gugup dan grogi menjadi berkurang bahkan hilang.
Setelah sesi therapy buka simpul malu kemudian peserta diberi kesempatan untuk praktek dan hasilnya Wow, mereka yang sebelumnya merasa malu, gugup dan grogi kini menjadi berani dan lancar berbicara didepan umum.

Ada pengalaman menarik Saat saya menjadi Fasilitator Traning Public Speaking bersama Mahasiswa Fakultas MIPA Universtas Jenderal Soedriman beberapa waktu lalu. saat sedang praktik publik speaking salah seorang peserta menggunakan salah satu metode yang baru saja di sharingkan yaitu menggunakan teknik Story telling dan penuh ekspresi.

Perserta tersebut bercerita tentang pengalaman berharganya saat masih remaja, seperti pada umumnya masa-masa remaja biasanya seorang remaja lebih asik dengan dunianya sendiri, bermain gadget dan teman-teman sebayanya sehingga mereka terkadang melupakan bahkan mengabaikan lingkungan keluarganya.

Ilustrasi  Pede Public Speaking

“................................ Dulu saya senang sekali bermain game, gadget dan bermain sama teman-teman sebaya saya, saat dirumah seharian saya dikamar terus sambil pegang gadget, saya mengabaikan lingkungan keluarga, ibu yang sibuk mengurus pekerjaan rumah, adik-adik yang menangis minta tolong dibuatkan susu dan ayah yang mengingatkan untuk belajar dan sholat sering kali saya abaikan, setiap perintah dan panggilan mereka biasanya saya abaikan atau hanya merespon dengan kata “hmm” dan itu berlangsung setiap hari. Hingga tidak jarang membuat ayah dan ibuku menjadi marah. Dan setiapkali ayah dan ibuku mengingatkan bahwa apa yang saya lakukan itu kurang bermanfaat buat masa depan saya, saya selalu berfikir kalau ayah dan ibuku cerewet, galak dan pemarah sampai kadang saya merasa benci.  

Hingga Suatu hari ibuku sakit dan akhirnya dipanggil untuk selamanya oleh Allah yang maha kuasa, saat itu saya baru rasakan dan tersadar betapa berharganya ibu yang dengan penuh kasih sayang, memeluku, membimbingku,  mengigatkanku kini telah tiada, maka saya berpesan  untuk kalian yang masih punya keluarga baik ibu, bapak atau saudara nikmatilah masa-masa bahagia memiliki keluarga. 

sesibuk apapun waktumu sempatkan lah berbagi, bercengkerama dengan mereka karena anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada saat yang akan datang, anda akan merasakan begitu berharganya Ibu, Bapak atau saudara anda ketika anda sudah tidak memilikinya, jangan sampai anda menyesal karena pada saat anda merasa menyesal maka anda sudah terlambat...................Terima kasih Wasalamulaiakum wr wb. ” 

Peserta lain yang menyaksikan praktik public speaking dengan teknik story telling tersebut terhipnotis dengan penampilannya, dan secara tidak sadar pesannya pun menembus pikiran bawah sadarnya sampai sebagian peserta yang menyaksikan berkaca-kaca matanya bahkan ada yang harus mengambil tisu untuk mengusap lelehan air matanya, mereka terkesima dan tercengang karena penampilannya mulai dari gesture, ekspresi wajah cerah untuk menggambarkan kegembiraan dan dengan cepat beralih ke ekspresi wajah sedih untuk menggambarkan kesedihanya,  hingga materi dan pesan yang disampaikannya, karena mereka tahu sebelumnya peserta tersebut pendiam dan pemalu, mereka pun segera memberikan tepuk tangan kagum luar biasa.


===    Titipan lapak  ===
M-BIOPRO Herbal Probiotik Solusi 1001 Penyakit
M-BIOPRO Herbal Probiotik Solusi 1001 Penyakit,
==>>   ORDER KLIK DISINI
  <<==


Itulah sekilas kisah dari tekape kelas training public speaking bersama Erwin suna, Nah untuk anda yang masih merasakan canggung, malu grogi saat berbicara depan umum, tidak ada salahnya Ikuti kelas public speaking.

Anda boleh hub 0852.9178.5555 untuk Selenggarakan Kelas Public Speaking atau.


No comments:

Post a Comment

PANEN..., Air Mata PETANI saat PANDEMI COVID 19

Seorang petani di Cipanas Cianjur jawabarat, mengurus lahan pertaniannya yang ditanami sayuran kangkung cabut, bayam, caisim, dan sawi puti...